Cara Install Windows XP Dengan Flashdisk

Artikel ini saya buat karena saya pernah mengalami kesulitan menginstall saat  saya baru membeli komputer yang saya gunakan sekarang. komputer yang saya beli tidak memiliki CD atau DVD. Alternatif menginstall Windows XP adalah dengan menggunakan USB flashdisk yang akan saya jelaskan cara instalasinya di posting ini.

Tapi sebelumnya ada alat-alat yang harus dipersiapkan
terlebih dahulu yaitu :
1. CD Windows XP
2. Komputer yang memiliki CD/DVD untuk bootable USB Flashdisk
3. USB Flashdisk berkapasitas minimal 1GB
Pertama yang harus dilakukan adalah membuat flashdisk menjadi bootable dengan menggunakan  Aplikasi WinSetupFromUSB. Sebenarnya ada beberapa software lain yang bisa digunakan selain WinSetupFromUSB seperti PeToUSB_3.0.0.7 dan USB prep8, tapi yang akan saya jelaskan adalah instalasi windows dengan fasilitas WinSetupFromUSB yang bisa anda download disini.


Langkah-langkah nya adalah :
1. Download dan install WinSetupFromUSB.
2. Masukkan CD Windows XP ke dalam CD/DVD pada komputer. Dan copy isinya ke salah satu folder pada harddisk.
3. Tancapkan flashdisk dan buka aplikasi WinSetupFromUSB dan format flashdisk (lihat gambar dibawah)
Flashdisk USB yang berukuran hingga 2GB sebaiknya diformat dalam bentuk FAT16. Sementara untuk flashdisk 4GB ke atas harus diformat dalam bentuk FAT32. Kali ini saya akan memformat flashdisk Kingston Data Traveler milik saya dengan FAT16 dengan mengklik RMPrepUSB dalam menu utama WinSetupFromUSB.(lihat gambar dibawah)
Dalam halaman utama RMPrepUSB Anda akan temukan flashdisk Anda di bawah kolom Drive. Selanjutnya pilih Fat16Boot As HDD, dan XP Bootable (NTLDR). Pastikan juga Anda tidak memilih checkboks Choose Folder di bagian bawah. Klik Prepare Drive untuk memulai Format.


6. Saat muncul konfirmasi dari RMPrepUSB, Klik OK dan Kemudian muncul peringatan bahwa data di dalam flash disk akan dihapus semua. Langsung klik OK.


7. Akan muncul tampilan DOS.
8.Selanjutnya klik Exit untuk keluar dari RMPREPUSB.
9. Pilih Folder Source Anda. Klik tombol Browse di baris Windows 2000/XP/2003. Temukan folder master Windows XP yang sebelumnya telah kita buat. 
10. Copy semua file dalam folder master Windows XP. Untuk memulai langkah ini, klik tombolGO dalam jendela utama program WinSetupFromUSB. Tunggu beberapa saat hingga proses penyalinan dokumen selesai. Penyalinan dokumen memakan waktu kurang lebih 15 menit.
11. Jika muncul License Agreement klik Agree. Selanjutnya, ketika Anda melihat konfirmasi seperti ini, maka rangkaian proses ini telah selesai Klik OK dan tutup program WinSetupFromUSB dengan memilih tombol EXIT dan  komputer siap diinstal dengan melakukan booting lewat USB dan instalasi biasa.


Jika anda kurang paham cara instalasi nya bisa dilihat di artikel saya sebelumnya Cara Instal Windows XP.





Description: Cara Install Windows XP Dengan Flashdisk Rating: 5 Reviewer: Indra htclampung ItemReviewed: Cara Install Windows XP Dengan Flashdisk

0 comments:

Poskan Komentar