Google Menghapus Google Pagerank Semua Situs

Seminggu setelah saya tidak online karena kehabisan pulsa, setelah saya isi pulsa modem saya kembali ternyata di toolbar google pagerank mozilla saya lihat indikator PageRank Google semua situs jadi 0 alias N/A. Apakah pihak Google telah menghapus pagerank pada semua situs yang terindeks olehnya ?Kenapa demikian saya bertanya pada teman-teman saya di Komunitas Blogwalking 20, ternyata mereka juga baru menyadari hal tersebut.

Google pagerank adalah suatu penghargaan bagi situs web atau blog untuk mengukur tingkat kualitas site web/blog tersebut pada mesin pencari google(menurut saya). Misalnya diibaratkan seperti anak sekolah yang pintar dan aktif maka akan mendapatkan rangking di kelasnya, begitu juga dengan mesin pencari google yang memberikan pagerank dari 1 sampai 10. Ada banyak definisi bagaimana cara google memberikan pagerank tersebut berdasarkan apa, ada yang bilang perbanyak backlink dari berbagai situs, kunjungan dan lain-lain. Itu semua tergantung definisi masing-masing.

Hanya google dan Tuhan-lah yang tau kenapa google menghapus Google PageRank, apakah ini untuk sementara atau permanen. Menurut info yang saya dapatkan, dihapusnya pagerank google karena pihak google ingin membersihkan mesin pencari Google dari praktik jual beli link. Memang karena selama ini banyak blogger dan webmaster yang banyak menjual spacelink pada web atau blog mereka, itu merupakan suatu sumber pemasukan dari dunia maya yang menggiurkan.



Logika menurut definisi saya, apabila suatu situs web atau blog yang memiliki pagerank tinggi maka tentu akan bertambah pula nilai jualnya. Tidak hanya penjualan situs web/blog, pihak advertiser dan pemasang link juga akan melihat PageRank situs untuk mempertimbangkan apakah layak sebuah situs tersebut untuk memasang iklannya. Mana ada pihak advertiser yang mau memasang iklan pada web atau blog yang memiliki pagerank 0 ? Misalnya blog Indonesia dengan PageRank 4 seperti blog o-om(Agus Ramadhani) dan blog kang Rahman, wah itu blog kalo dijual pasti banyak yang mau beli dengan harga tinggi. Belum lagi situs-situs terkenal seperti Facebook yang memiliki PR 10 dan Twitter yang memiliki PR 9, bisa kaya mendadak kalo dijual gan gk abis 7 keturunan....dan juga pemasangan iklan pada 2 situs jejaring sosial tersebut mahal harganya, penghasilan Facebook dari iklan selama 1 bulan saja sudah berapa milyar US$ ?

Pada tahun 2009 lalu Google juga melakukan hal yang sama, tapi itu hanya berlangsung hanya sekitar 1 jam saja, tapi ini kok bisa sampai seminggu ya ?padahal saya rajin posting lho biar PageRank-nya naik. Yah kita berdoa saja bagi para webmaster dan blogger agar pihak Google tidak menghapus google pagerank-nya. Description: Google Menghapus Google Pagerank Semua Situs Rating: 5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Google Menghapus Google Pagerank Semua Situs

8 comments:

HTC mengatakan...

mampir dulu sebelum bobo,,
makin keren aja blog elu ndra,,
semangat blogging lanjutkan ^_^

Blackberry Terbaru mengatakan...

Wah memang sekarang Google susah Ditebak.. Rata rata semua web sekarang ber Page Rank n/a ,,Tidak terkecuali facebook.. Lantas bagaimana Nasib Blog Kita..???

Unknown mengatakan...

thanks kunjungannya sobat... :D

Alam Yuda mengatakan...

sepertinya google tidak menghapus pagerank. sekarang sudah normal lagi kok. pagerank menjadi N/A karena ada perubahan API Google Pagerank

sutrisni mengatakan...

ga om...googlenya ga marah kok...itu link diperbarui kaya yang diomongin diatas....

didit herdianto mengatakan...

Masalahnya, pagerank hanya menghasilkan pemburu backlink, bukan blogger dengan konten yang berkualitas. Akibatnya, banyak keyword dari artikel original yang berkualitas terletak di halaman belakang hasil mesin pencarian Google. Tentu saja hal ini menurunkan kredibilitas Google.
Soal backlink, saya kira masih sangat diperlukan. Tetapi bukan untuk meningkatkan pagerank, melainkan sebagai promosi dan meningkatkan traffic.
Jadi sekarang tidak usah pusing soal pagerank, tetapi utamakan signifikasi blog dan kembali pada fitrah semula : Konten adalah Raja !
Selamat terus berkarya !
Salam selalu

Unknown mengatakan...

@shre - the - best- ereader : terimakasih masukannya sobat.. jadi menambah pengetahuan saya
diatas definisi menurut saya saja yang saya ungkapkan..

howtobe1st mengatakan...

Kayaknya sampai kemarin ada perbaikkan dari google, mulai pagi tadi dah normal lagi koq, blog sama website yang tadinya cek NA dah balik lagi pageranknya ^_^

Posting Komentar